Profile

Michaelachel Merilis Mini Album

  • Administrator
  • Senin, 22 Mei 2023
Michaelachel Merilis Mini Album

Musisi muda berbakat tanah air, Michaelachel, yang telah memperkenalkan karya-karya terbarunya sepanjang tahun 2022. ‘be my lover’, salah satu karyanya yang juga sempat menjadi perhatian publik di media sosial beberapa waktu belakang, tidak hanya berhasil memikat para pendengarnya, namun juga tercatat terdapat lebih dari 105.000 kreasi video (video creation) pada platform TikTok menggunakan sound be my lover’. Dengan memperoleh respon yang positif dari para pendengarnya, michaelachel kini kembali merilis single teranyar di tahun 2023 dengan tajuk ‘be free’ yang diikuti dengan perilisan mini album perdananya di tengah tahun dengan tajuk ‘bored of boredom’. 

Album ini merupakan hasil kerja keras Michael setelah mengikuti program Artist in Residence (AiR)sebuah program inkubasi kreator musik yang diinisiasi oleh TikTok. Sebagai kreator terpilih, michaelachel mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan serangkaian pelatihan dan pengembangan guna mempersiapkan langkahnya sebelum memasuki industri musik lokal. Selain membantu serta mendukung perilisan single be free’, program AiR juga turut mendukung michaelachel dalam memproduksi ‘boatman’, salah satu track dalam mini album ‘bored of boredom’. Perilisan mini album perdana michaelachel juga diharapkan tidak hanya menjadi perkenalan, tetapi juga mampu menjadi pembuka dari karya-karyanya yang akan datang. 

Mini album ‘bored of boredom’ berisikan lima buah lagu; ‘butterfly’, ‘begone’, ‘be my lover’, ‘be free’, dan ‘boatman’, yang hampir sepenuhnya ditulis oleh michaelachel, dan dua buah lagu—‘be free’ dan ‘boatman’—diproduseri oleh Chelton Grey dan Vindell Smith dari Amerika Serikat. Meski hampir seluruh karyanya ditulis oleh dirinya sendiri, namun michaelachel juga berkolaborasi dalam penulisan lirik untuk pertama kalinya bersama Myke Grizzly, juga Chelton, dan Vindell pada lagu ‘be free’. Pada prosesnya, kolaborasi penulisan lirik menjadi sebuah tantangan baru untuk dirinya pribadi, sebab selain kali pertama berkolaborasi dalam penulisan, momen tersebut juga menjadi kali pertama ia harus membebaskan idenya untuk bermuara bersama tiga kolaborator lainnya. 

Dengan kolaborasi ini, jadi banyak belajar kompromi dengan ide-ide yang lain. Satu sisi lainnya, juga bersyukur karena dipertemukan dengan orang-orang yang memang hebat di bidangnya, sehingga semua proses produksi juga berjalan dengan mulus.” Jelas michaelachel (02/05).

Selain penulisan lirik, dalam proses pembuatan mini album ‘bored of boredom’, michaelachel juga menghadapi tantangan-tantangan lainnya di setiap karyanya. Meski demikian, proses pembuatan mini album dapat dilakukan dengan baik berkat dukungan dari orang-orang terdekatnya, seperti perilisan ‘begone’ yang mendapat dukungan penuh, juga berhasil mencetak lagu paling banyak didengar pada digital streaming platform (DSP) michaelachel. 

Dalam mini album perdananya, ‘boatman’ menjadi lagu sorotan diantaranya. Selain mengalami proses kreatif yang cukup panjang, ‘boatman’ dianggap memiliki pesan yang mendalam tentang segala pertanyaan yang sering kali ditemui dalam hidup saat seseorang tengah mencapai mimpi-mimpinya. Melalui ‘boatman’, michaelachel menganologinya seseorang yang tengah meraih mimpinya selayaknya pengayuh perahu. 

Don’t give up just like a boatman. In the middle of the ocean, he’s paddling his boat towards the land without knowing the struggles he might encounter, but he keeps going and learning along the way. Be like a boatman, who keeps going and finds his land, don’t give up.” Jelas michaelachel. 

Untuk menyajikan karyanya, michaelachel tidak hanya akan merilis mini album, tetapi ia juga akan menyelenggarakan showcase dari mini album ‘bored of boredom’, yang juga di dukung oleh TikTok Indonesia, sebagai kali pertama ia akan membawakan karya-karyanya secara langsung kepada para pendengarnya. Terlepas dari tantangan yang ia lalui selama proses pembuatan mini album, menyelenggarakan showcase untuk pertama kalinya juga memiliki tantangan baru yang ia lalui. 

Konsep showcase yang michaelachel akan usung merupakan konsep adopsi dari warna mini album ‘bored of boredom’, dengan sentuhan orange dan hijau tua sebagai representasi dari warna artwork mini album yang menggambarkan sisi gelap dari upaya seseorang di tengah proses bertahan dalam menghadapi. Dalam showcase mini album ‘bored of boredom’, michaelachel akan memperkenalkan seluruh lagu pada mini albumnya yang juga akan rilis satu hari setelahnya. 

Showcase mini album ‘bored of boredom’ terbuka untuk umum dan diselenggarakan di Three Buns, Jakarta Selatan secara gratis pada 11 Mei 2023, yang juga turut disusul dengan perilisan mini album ‘bored of boredom’ pada 12 Mei 2023 di seluruh layanan digital streaming platform (DSP). Dengan diselenggarakannya showcase mini album ini, besar harapan mini album ‘bored of boredom’ mampu menjadi momen

perkenalan serta awal yang baik dari setiap karya-karya michaelachel kepada para pendengarnya.

 

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar