Upcoming

INDONESIAN MUSIC EXPO 2024 Siap Digelar di Ubud Bali

  • Administrator
  • Senin, 29 April 2024
INDONESIAN MUSIC EXPO 2024  Siap Digelar di Ubud Bali

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang menjadi simpang pertemuan peradaban dunia yang datang dari belahan Timur dan Barat. Akibatnya, pertumbuhan budaya musik begitu beragam di negeri ini. Sementara itu, sejak 3 dasawarsa yang lalu pasar global mulai mengenal apa yang mereka istilahkan 'world music', yaitu jenis musik etnis tradisional atau musik etnis baru seperti halnya gamelan atau keroncong di Indonesia. 

Setelah mengalami perkembangan yang pesat, dalam waktu 3 dekade pasar genre 'world music' mencapai 10% dari peredaran uang di pasar musik dunia dengan jumlah sebesar kurang-lebih 6,5 milyar dolar. Atas dasar kekayaan budaya musik Indonesia yang begitu besar, 4 tahun yang lalu Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan RI menggelar sebuah expo musik internasional bernama INDONESIAN MUSIC EXPO (IMEX). 

Tujuan IMEX adalah untuk memperkenalkan serta manjajakan produk world music Nusantara ke pasar dunia dengan cara mengundang para pelaku atau ‘pembeli’ produk world music dari seluruh benua datang dan menyaksikan IMEX. Harapan IMEX adalah para buyer ini akan tertarik untuk mengundang grup-grup yang tampil di panggung IMEX ke negara mereka masing-masing. Para ‘pembeli’ ini merupakan kumpulan dari para promotor musik, booking agent, produser, pemilik label, direktur festival, direktur pusat kesenian, media TV, radio & online, anggota organisasi, asosiasi musik, dan termasuk juga para seniman musik dari negara lain yang tertarik untuk menjalin kerjasama musical dengan grup yang tampil di panggung IMEX. 

Tahun ini IMEX akan menyerahkan pemilihan grup-grup yang akan tampil nanti kepada Dewan Kurator dari dalam dan luar negeri melalui proses Pendaftaran (Open Call) yang terbuka untuk semua grup musik dari seluruh Nusantara. Dengan adanya proses pemilihan yang objektif ini IMEX akan lebih mendapat kepercayaan dari para stakeholders world musik dari seluruh dunia. 

Tahun ini juga merupakan tahun kedua kerjasama IMEX dengan WOMEX, sebuah Lembaga pemasaran world music terbesar di dunia yang berpusat di Eropa. WOMEX nantinya bukan saja akan mempromosikan IMEX ke dunia internasional melalui berbagai media promosi mereka, tetapi juga akan memilih para Delegasi yang dianggap paling tepat untuk menjadi ‘pembeli’ grup-grup yang tampil di IMEX. Dengan adanya kerjasama ini, IMEX melakukan terobosan besar dan menjadi satu-satunya lembaga musik di Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari pasar musik dunia yang berpusat di Eropa dan Amerika. 

Setiap tahun para ‘pembeli’ yang datang mewakili seluruh lembaga musik besar dunia ini mengaku sangat terkesan akan keragaman, kekayaan dan kualitas grup musik yang tampil di panggung IMEX. Bisa dibilang tidak ada negara di dunia yang memiliki keragaman budaya dan kreativitas musik seperti Indonesia. Kekayaan dan keragaman budaya musik Nusantara dapat disamakan dengan kekayaan musik seluruh benua Afrika yang saat ini mendominasi pasar world music secara global. Oleh sebab itu, jika IMEX dapat membawa Indonesia menembus pasar musik global, bukan mustahil kita akan mampu mengambil alih peran Afrika saat ini. 

Sehubungan dengan adanya peristiwa musik internasional yang sangat bergengsi ini, kami ingin mengundang Anda semua untuk menyaksikan IMEX secara langsung di Ubud, Bali pada tanggal 9-12 Me yang akan datang. Program IMEX 2024 ini akan meliputi pertunjukkan musik dari seluruh Nusantara,  pameran alat & kerajinan musik, talkshow, demo, konferensi, workshop dan pertemuan tatap muka dengan para delegasi internasional (speed meeting) yang. memberi kesempatan emas bagi seluruh gru yang tampil di IMEX untuk menawarkan grup musik mereka kepada para promotor musik, booking agen produser, pemilik label, direktur festival, direktur pusat kesenian, media TV dan radio, anggota organisasi,  asosiasi musik internasional dari berbagai benua serta para seniman musik dari negara lain.

Nama yang terpilih dari 124 grup dari seluruh Indonesia yang mendaftar pada Open Call IMEX 2024 :

1. ARCHA - Ambon (Maluku) 

2. AGUSTIAN SUPRIATNA TRIO - Lampung 

3. BELLACOUSTIC INDONESIA - Palangkaraya (Kalimantan Tengah) 

4. DAMAR ART - Banyuwangi (Jawa Timur) 

5. DE TRADISI - Medan (Sumatra Utara) 

6. DEKA - Bandung (Jawa Barat) 

7. EPO D'FENOMENO - Jayapura (Papua) 

8. GAMELAN GAMBANG - Gianyar (Bali) 

9. GONG GEDE - Gianyar (Bali) 

10. INO - Jakarta 

11. KRONCONG SEJATI - Kediri (Jawa Timur) 

12. SASANDO GONG - Pulau Rote (Nusa Tenggara Timur) 

13. TARDIGRADA - Palu (Sulawesi Tengah) 

14. VARNASVARA - Jakarta

15. WALK.ON WATER - Pulau Nias (Sumatera Utara)

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar