Profile

Axis of Blastbeats: Poros Baru Genre Musik Grindcore Indonesia

  • Freya Maryam
  • Selasa, 30 Mei 2023
Axis of Blastbeats: Poros Baru Genre Musik Grindcore Indonesia

Blackandje Records mempersembahkan proyek baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Bertajuk “Axis of Blastbeats”, rilisan ini adalah sebuah album kompilasi 4 band (biasa disebut 4 way split) Indonesia pengusung genre grindcore. Salah satu subgenre dari heavy metal yang paling ekstrim, hasil persilangan antara hardcore punk, thrash metal, dan death metal. 

Empat band grindcore yang bersatu dan bersinergi di dalamnya adalah Extreme Decay (Malang), Dead Vertical (Jakarta), Busuk (Depok), dan Bersimbah Darah (Gianyar, Bali). “Axis of Blastbeats” menampilkan 12 lagu dengan amunisi 3 lagu baru dari tiap band tersebut.

Pemilihan judul album kompilasi tersebut berangkat dari dasar pemikiran berikut. “Axis” berarti “poros” dan “Blast Beat” merupakan terminologi untuk teknik ketukan drum super cepat dalam musik metal ekstrim. Pertama kali dipopulerkan oleh Mick Harris, drumer band pionir grindcore Napalm Death pada pertengahan dekade 1980an. Serta dipertegas dan disempurnakan oleh Pete Sandoval, drumer Terrorizer dan Morbid Angel dengan beberapa tahun kemudian.

Tercetusnya ide untuk menciptakan “Axis of Blastbeats” dimotivasi oleh semangat pertemanan antar anggota keempat band yang tergabung di dalamnya yang sudah terjalin selama bertahun-tahun. Dan diperkuat oleh keyakinan dan fanatisme yang militan terhadap grindcore sebagai manifestasi musik super ngebut, lantang, frontal, tanpa basa-basi, dan non-kompromis. 

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar