Insight

Koleksi Bersejarah GOD BLESS dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia

  • Freya Maryam
  • Sabtu, 17 Februari 2024
Koleksi Bersejarah GOD BLESS dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia

Dalam rangka memperingati 50 tahun perjalanan grup rock legendaris Indonesia, God Bless, Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (Indonesian Heritage Agency) dengan bangga mengumumkan “Pameran Retrospektif God Bless 50 Tahun”.

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Ahmad Mahendra, Plt. Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya yang turut dihadiri oleh segenap personil band God Bless,k olega musisi, dan keluarga, dan rekan-rekan media.

“Pameran Retrospektif God Bless 50 Tahun” ini berlangsung di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, dan dapat dikunjungi oleh publik mulai 17 Februari-1 Maret 2024, pukul 09.30-20.00 WIB. 

Pameran ini merupakan manifestasi dari upaya Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui BLU Museum dan Cagar Budaya dalam rangka mempersembahkan penghargaan atas kontribusi God Bless dalam kancah musik Indonesia, sekaligus menjalankan amanat Undang-undang No. 5 Tahun 2017, tentang Pemajuan Kebudayaan.

Achmad Albar mewakili keluarga God Bless menyampaikan apresiasinya kepada BLU Museum dan Cagar Budaya. 

“Adalah sebuah kebanggaan bagi kami telah diberikan kesempatan berpameran di Galeri Nasional Indonesia. Ini merupakan bentuk penghargaan negara kepada kami, karena kami bisa memamerkan artefak penting sepanjang karier God Bless sekaligus wujud pengakuan negara atas pencapaian kreatif kami” ujar Achmad Albar.

Ezekiel Rangga, Exhibition Director, menegaskan, "Pameran ini adalah kesempatan langka untuk merayakan warisan musik rock di Indonesia. Kami menampilkan perjalanan cerita 50 tahun God Bless dengan cara dan gaya yang berbeda dari pameran-pameran yang pernah ada sebelumnya."

Selain memamerkan beragam hasil karya dalam format kaset, compact disc dan piringan hitam, pameran ini juga akan menampilkan pula berbagai koleksi bersejarah yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan God Bless. 

Peralatan rekaman, perlengkapan panggung, hingga kostum yang pernah dikenakan sebagai saksi bisu dari setiap era perjalanan band ini.

“Pameran Retrospektif God Bless 50 Tahun” menggabungkan unsur karya visual dengan teknologi sehingga akan memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung.

Melengkapi agenda pameran, diselenggarakan juga festival musik yang berlangsung mulai 24 Februari hingga 1 Maret 2024. Festival ini siap menampilkan berbagai band dan musisi ternama yang akan mempersembahkan tribute khusus serta penampilan penutup oleh God Bless.

Sederet musisi yang akan tampil adalah /rif, L’trees, Saint Loco, Rumahsakit, For Revenge, Sir Dandy, Ras Muhammad, Saint Dismass, The Sigit, Tanah Air Project, Sisiliar, dan God Bless sendiri. 

Festival musik ini akan dimulai pukul 16.00-21.00 WIB setiap harinya. “Pameran Retrospektif God Bless 50 Tahun” dapat dikunjungi publik tanpa dipungut biaya, cukup dengan melakukan registrasi di gni.kemdikbud.go.id/kunjungi-kami dan memilih menu “Kunjungi Pameran”. 

Pameran dibuka setiap hari pukul 09.30 hingga 20.00, yang akan dibagi ke dalam 6 sesi, dan setiap sesi dibatasi kuota pengunjung sebanyak 150 orang. Hal ini untuk memastikan kenyamanan pengunjung dan keamanan koleksi.

Sedangkan bagi publik yang ingin menikmati festival musik bisa melakukan registrasi melalui gni.kemdikbud.go.id/kunjungi-kami dan memilih menu “Kunjungi Festival”, dengan tiket masuk sebesar Rp 60.000 untuk tanggal 24-29 Februari 2024 dan Rp 100.000 untuk tanggal 1 Maret 2024.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar