Insight

Hiu Tikus Menjadi Icon Penyelenggaraan Maratua Jazz & Dive Fiesta Tahun ini

  • Administrator
  • Kamis, 23 November 2023
Hiu Tikus Menjadi Icon Penyelenggaraan Maratua Jazz & Dive Fiesta Tahun ini

Maratua Jazz & Dive Fiesta (MJDF) kembali digelar dari 22 November  hingga 26 November 2023 bertempat di desa Ekowisata Teluk Harapan, Pulau Maratua Kepulauan Derawan Kabupaten Berau , Kalimantan Timur dan tahun ini masuk ditahun ke enam 

Acara yang digagas pertama kali oleh WartaJazz bersama Yayasan Berau Lestari mendapat dukungan penuh dari Bupati Berau H. Sri Juniarsih bersama Pemerintah Kabupaten Berau dengan Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kabupaten Berau yang menjadi mitra kerja panitia penyelenggara dari Move Entertainment.

Acara yang tahun ini mengambil icon Thresher Shark atau Hiu Tikus ini menghadirkan gitaris Mus Mujiono, penyanyi Monita Tahalea, pemain bass sekaligus president Indonesian Bass Family (IBF), Harry Toledo & The Turbulence Of Soul yang terdiri dari Shaku Rasjidi, Enggar Widodo, Stevan & Romansa (Jakarta).

Dari Kabupaten Berau sendiri akan tampil pemain sape Pian Agraha Dwinata dan kelompok anak muda yang menamakan diri mereka Risalah Band.

Menurut mitra Thresher Shark ID, hewan Hiu Tikus dengan nama latin Alopias pelagicus ini merupakan hewan yang masuk kategori "Endangered" atau "terancam" dari International Union for Conservation of Nature (IUCN). Kita dapat menemukan Thresher Shark di perairan seputar pulau Maratua.

Sejumlah aktivitas tambahan atau side-event juga dihadirkan antara lain Food Festival, Manutung Jukut atau Nunuh Daing yang artinya Membakar Ikan, Bazaar UMKM se-Kecamatan Berau, Island Hopping, Dialog Pariwisata, Kelas Inspirasi bersama Yayasan Kalasahan, Sunrise dan Sunset Photo Hunting, Snorkling di Danau Ubur-ubur Kakaban dan lainnya.

Menindak lanjuti ide mengurangi penggunaan AMDK sekali pakai, tidak membuang sampah plastik ke laut, sambil menggaungkan hashtag #JazzPulauTerdepan #JazzDive MJDF 2023 mewajibkan panitia dan pengisi acara untuk menggunakan Tumbler dan menyarankan pengunjung mengikuti hal serupa.

Hal ini sesuai dengan sambutan Bupati agar seluruh stake holder berjuang bersama, agar Maratua menjadi destinasi terbersih, terindah dan terkenal.

MJDF didukung oleh Pratasaba Resort Maratua, Arasatu Villas & Sanctuary & Green Nirvana Resort Maratua

Informasi lebih lanjut dapat diikuti lewat laman sosial media @maratuajazz baik di IG, Twitter/X ataupun Facebook serta website www.maratuajazz.com

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar